Seiring berjalannya waktu, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah dipimpin oleh tujuh Presiden yang berbeda.

Dalam artikel ini kita akan mengulas identitas dan profil para tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Baca Juga : 10+ Gambar Poster Lingkungan Hidup yang Mudah Digambar

Urutan Presiden Indonesia Masa ke Masa

Seorang presiden adalah figur utama dalam pemerintahan suatu negara yang memiliki sistem republik.

Di Indonesia, Presiden dipilih oleh rakyat dalam Pemilu yang berlangsung setiap 4 tahun sekali.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang presiden akan didampingi oleh seorang wakil presiden. Jabatan wakil presiden berada satu tingkat di bawah presiden.

Berikut ini merupakan urutan Presiden Indonesia sejak merdeka pada tahun 1945.

1. Ir. Soekarno 

Ir. Soekarno, yang akrab disapa sebagai Bung Karno, adalah tokoh sejarah yang sangat berpengaruh di Indonesia.

Lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur, beliau adalah salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama Mohammad Hatta, yang juga dikenal sebagai Bung Hatta.

Selama menjabat menjadi Presiden dari 1945 – 1967, Ir. Soekarno didampingi juga oleh Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden

Soekarno juga merupakan tokoh yang menciptakan konsep Pancasila, yang menjadi Ideologi Negara Indonesia hingga saat ini.

Menjabat sebagai Presiden Indonesia pertama dari tahun 1945 hingga 1967, Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970 akibat gangguan ginjal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

2. Soeharto

Lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di Kemusuk, Yogyakarta, Soeharto menjadi Presiden Indonesia kedua melalui sidang istimewa MPRS pada tahun 1967. Masa pemerintahannya dikenal sebagai masa Orde Baru.

Soeharto memimpin Indonesia dengan kebijakan stabilisasi politik dan program pembangunan nasional, termasuk Pembangunan Lima Tahun (Pelita) dan Pembangunan Jangka Panjang.

Berkat kebijakannya, Soeharto dijuluki sebagai Bapak Pembangunan Indonesia.

Ia memimpin Indonesia selama 31 tahun hingga tahun 1998, ketika akhirnya ia mengundurkan diri dari jabatannya.

Soeharto wafat pada tanggal 27 Januari 2008 dan dimakamkan di Astana Giribangun.

3. B.J. Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie, yang akrab disapa B.J. Habibie, adalah tokoh nasional yang menjabat sebagai Presiden Indonesia ketiga.

Lahir di Parepare pada tanggal 25 Juni 1936, beliau memimpin negara setelah pengunduran diri Soeharto dari tahun 1998 hingga 1999.

Masa pemerintahan Habibie ditandai oleh reformasi politik yang mencakup perubahan undang-undang, peningkatan kebebasan pers, dan pelaksanaan pemilihan umum pada tahun 1999.

B.J. Habibie meninggal dunia pada tanggal 11 September 2019.

Warisan beliau terkenal dalam transisi politik dan kemajuan teknologi di Indonesia.

4. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid, yang lebih akrab disapa Gus Dur, adalah seorang tokoh Muslim dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Presiden Indonesia keempat.

Beliau lahir pada tanggal 7 September 1940, di Jombang, Jawa Timur.

Pada tahun 1999, setelah masa reformasi dan runtuhnya rezim Orde Baru, Abdurrahman Wahid terpilih sebagai Presiden Indonesia keempat.

Masa kepemimpinannya ditandai dengan upaya memperkuat demokrasi dan mendorong keberagaman di Indonesia.

Pada tahun 2001, Gus Dur menghadapi proses pemakzulan oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan akhirnya mengundurkan diri dari jabatan presiden pada bulan Juli 2001.

Beliau meninggal dunia pada tanggal 30 Desember 2009.

5. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri, presiden Indonesia kelima dan satu-satunya wanita yang pernah menjabat sebagai presiden di negara ini.

Lahir pada tanggal 23 Januari 1947 sebagai anak pertama dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno, dan Fatmawati.

Beliau menjabat sebagai Presiden Indonesia dari tahun 2001 hingga 2004. Selama masa kepemimpinannya, Megawati menguatkan demokrasi dengan mendorong pemilihan presiden secara langsung dan memberikan dukungan untuk pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia keenam, lahir di Pacitan, Jawa Timur, pada tanggal 9 September 1949. Beliau terpilih sebagai presiden untuk dua periode berturut-turut.

Selama masa kepemimpinannya, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang stabil, utang negara terjaga dengan baik, dan hubungan internasional diperluas melalui kemitraan strategis.

Presiden SBY juga dikenal dengan kebijakan pembangunan infrastruktur yang signifikan serta upaya dalam penanggulangan korupsi.

7. Joko Widodo

Jokowi, yang lahir di Surakarta pada tanggal 21 Juni 1961, telah menjabat sebagai Presiden Indonesia sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Awal karir politiknya dimulai ketika ia menjabat sebagai Wali Kota Solo dari tahun 2005 hingga 2012, dan kemudian terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.

Kepemimpinannya ditandai oleh upayanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meratakan pembangunan di seluruh Indonesia.

Jokowi juga dikenal karena inisiatifnya dalam reformasi birokrasi, pembangunan infrastruktur, dan program-program sosial untuk masyarakat.

Simak informasi lainnya di JKTLiving.com